Surat berhenti kerja 2 minggu merupakan surat pemberitahuan dari karyawan kepada perusahaan bahwa karyawan tersebut akan mengundurkan diri dalam waktu 2 minggu. Surat ini biasanya dibuat oleh karyawan yang ingin mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan secara baik dan sopan.

Format Surat Berhenti Kerja 2 Minggu

Surat berhenti kerja 2 minggu harus ditulis dengan format yang jelas dan rapi agar mudah dipahami oleh pihak perusahaan. Berikut adalah format yang dapat diikuti:

  1. Tanggal pembuatan surat
  2. Nama perusahaan
  3. Alamat perusahaan
  4. Nama lengkap karyawan
  5. Alamat karyawan
  6. Jabatan karyawan
  7. Tanggal efektif pengunduran diri
  8. Alasan pengunduran diri (opsional)
  9. Tanda tangan dan nama karyawan

Contoh Surat Berhenti Kerja 2 Minggu

Berikut adalah beberapa contoh surat berhenti kerja 2 minggu yang dapat dijadikan referensi:

Contoh 1

Tanggal: 1 Januari 2022

Kepada Yth,

Manajer SDM

PT ABC

Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Andi Sutrisno

Alamat: Jl. Merdeka No. 10, Jakarta

Jabatan: Marketing Manager

Dengan ini memberitahukan bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan saya di PT ABC, efektif pada tanggal 15 Januari 2022.

Alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya telah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain yang lebih sesuai dengan keahlian dan minat saya. Saya berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT ABC untuk bekerja di sini selama 3 tahun terakhir.

Saya berharap agar proses pengunduran diri saya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saya siap membantu dalam proses pergantian jabatan dan penyerahan tugas kepada yang akan menggantikan posisi saya.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya selama ini.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Andi Sutrisno

Contoh 2

Tanggal: 1 Februari 2022

Kepada Yth,

Manajer SDM

PT XYZ

Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi Santoso

Alamat: Jl. Raya No. 20, Bandung

Jabatan: Staff Keuangan

Dengan ini memberitahukan bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan saya di PT XYZ, efektif pada tanggal 15 Februari 2022.

Saya mengundurkan diri karena ingin fokus pada usaha pribadi yang sedang saya jalankan. Saya menyadari bahwa hal ini akan mempengaruhi kestabilan keuangan saya, namun saya yakin dengan kesungguhan dan kerja keras, usaha pribadi ini akan berhasil.

Saya akan membantu proses pergantian jabatan dan penyerahan tugas kepada yang akan menggantikan posisi saya.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama bekerja di PT XYZ.

Salam hormat,

(Tanda tangan)

Budi Santoso

Contoh 3

Tanggal: 1 Maret 2022

Kepada Yth,

Manajer SDM

PT KLM

Surabaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Indah

Alamat: Jl. Diponegoro No. 5, Surabaya

Jabatan: Customer Service

Dengan ini memberitahukan bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan saya di PT KLM, efektif pada tanggal 15 Maret 2022.

Alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus pada perawatan orang tua yang membutuhkan perhatian lebih. Saya menyadari bahwa keputusan ini akan mempengaruhi karir saya, namun saya yakin bahwa keluarga adalah prioritas utama dalam hidup saya.

Saya akan membantu proses pergantian jabatan dan penyerahan tugas kepada yang akan menggantikan posisi saya. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama bekerja di PT KLM.

Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Dewi Indah

Contoh 4

Tanggal: 1 April 2022

Kepada Yth,

Manajer SDM

PT MNO

Medan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Fajar Wicaksono

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 8, Medan

Jabatan: Teknisi

Dengan ini memberitahukan bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan saya di PT MNO, efektif pada tanggal 15 April 2022.

Alasan saya mengundurkan diri adalah karena telah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain yang lebih sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT MNO selama 2 tahun terakhir.

Saya akan membantu proses pergantian jabatan dan penyerahan tugas kepada yang akan menggantikan posisi saya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya selama ini.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Fajar Wicaksono

Kesimpulan

Surat berhenti kerja 2 minggu adalah surat pemberitahuan dari karyawan kepada perusahaan tentang niat untuk mengundurkan diri dalam waktu 2 minggu. Surat ini harus ditulis dengan format yang jelas dan rapi agar mudah dipahami oleh pihak perusahaan. Contoh surat berhenti kerja 2 minggu juga dapat dijadikan referensi untuk pembuatan surat yang baik dan sopan.