Surat gugat tlak, atau yang juga dikenal sebagai surat gugatan penyelesaian sengketa atau surat somasi, merupakan salah satu jenis surat yang digunakan untuk menyelesaikan sengketa antara dua belah pihak. Surat ini biasanya digunakan sebagai upaya terakhir sebelum melakukan tindakan hukum lebih lanjut.

Pengertian Surat Gugat Tlak

Secara umum, surat gugat tlak adalah surat yang digunakan untuk memberikan peringatan atau teguran kepada pihak yang dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap hak atau kepentingan seseorang atau kelompok. Surat ini biasanya berisi permintaan untuk menghentikan perilaku yang dianggap melanggar atau merugikan pihak yang merasa dirugikan.

Dalam konteks hukum, surat gugat tlak juga dapat diartikan sebagai surat pemberitahuan resmi yang digunakan untuk meminta pihak yang dianggap melakukan pelanggaran untuk menghentikan perilakunya. Surat ini biasanya digunakan sebagai salah satu bentuk bukti jika suatu saat terjadi perselisihan hukum.

Format Surat Gugat Tlak

Format surat gugat tlak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan format surat resmi pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan surat gugat tlak, antara lain:

  1. Header surat, berisi alamat pengirim, tanggal, dan alamat penerima;
  2. Pembukaan, diawali dengan kalimat pembuka yang sopan dan jelas;
  3. Isi surat, berisi pernyataan yang jelas dan tegas mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh pihak yang dianggap melanggar;
  4. Permintaan penghentian perilaku, berisi permintaan untuk menghentikan perilaku yang dianggap melanggar;
  5. Ancaman tindakan hukum, berisi pernyataan bahwa jika permintaan tidak dipenuhi, maka akan diambil tindakan hukum lebih lanjut;
  6. Penutup, berisi ucapan terima kasih dan harapan untuk menyelesaikan sengketa secara damai.

Contoh Surat Gugat Tlak

Berikut ini adalah beberapa contoh surat gugat tlak yang dapat dijadikan referensi:

Contoh 1

Surabaya, 12 April 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pemilik Toko Sinar Jaya

Jl. Raya Ahmad Yani No. 45

Surabaya

Dengan hormat,

Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Andi

Alamat: Jl. Rungkut Megah Raya No. 8

No. Telepon: 08123456789

Menyatakan bahwa saya merasa dirugikan oleh pihak Toko Sinar Jaya yang beralamatkan di Jl. Raya Ahmad Yani No. 45, Surabaya. Hal ini disebabkan karena pada tanggal 10 April 2021 saya telah membeli sebuah laptop merek Asus di toko tersebut, namun setelah saya membuka kemasan laptop tersebut, ternyata laptop yang saya beli tersebut rusak dan tidak dapat digunakan.

Maka dari itu, melalui surat ini saya ingin meminta kepada Bapak/Ibu Pemilik Toko Sinar Jaya untuk segera mengganti laptop yang saya beli dengan yang baru dan dalam kondisi baik. Jika permintaan ini tidak dipenuhi dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja, maka saya akan menempuh jalur hukum yang lebih lanjut.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Andi

Contoh 2

Jakarta, 17 Mei 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pemilik Restoran Sari Rasa

Jl. Sudirman No. 67

Jakarta

Dengan hormat,

Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi

Alamat: Jl. Melati No. 15

No. Telepon: 08123456789

Menyatakan bahwa saya merasa dirugikan oleh pihak Restoran Sari Rasa yang beralamatkan di Jl. Sudirman No. 67, Jakarta. Hal ini disebabkan karena pada tanggal 15 Mei 2021 saya telah memesan makanan di restoran tersebut dan telah membayar sejumlah uang, namun pesanan yang saya terima tidak sesuai dengan yang saya pesan.

Maka dari itu, melalui surat ini saya ingin meminta kepada Bapak/Ibu Pemilik Restoran Sari Rasa untuk segera mengganti pesanan yang salah tersebut dengan yang sesuai. Jika permintaan ini tidak dipenuhi dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja, maka saya akan menempuh jalur hukum yang lebih lanjut.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Budi

Contoh 3

Surabaya, 23 Juni 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pemilik Apartemen Green View

Jl. Raya Darmo No. 56

Surabaya

Dengan hormat,

Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dinda

Alamat: Jl. Tidar No. 8

No. Telepon: 08123456789

Menyatakan bahwa saya merasa dirugikan oleh pihak Apartemen Green View yang beralamatkan di Jl. Raya Darmo No. 56, Surabaya. Hal ini disebabkan karena pada tanggal 21 Juni 2021 saya telah mengajukan sewa apartemen di apartemen tersebut dan telah membayar sejumlah uang, namun setelah saya melakukan survey, ternyata apartemen yang saya sewa tersebut tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Maka dari itu, melalui surat ini saya ingin meminta kepada Bapak/Ibu Pemilik Apartemen Green View untuk segera mengganti apartemen yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan dengan yang sesuai. Jika permintaan ini tidak dipenuhi dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja, maka saya akan menempuh jalur hukum yang lebih lanjut.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dinda

Contoh 4

Jakarta, 30 Juli 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pemilik CV. Jaya Abadi

Jl. Gatot Subroto No. 77

Jakarta

Dengan hormat,

Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Eko

Alamat: Jl. Merdeka No. 10

No. Telepon: 08123456789

Menyatakan bahwa saya merasa dirugikan oleh pihak CV. Jaya Abadi yang beralamatkan di Jl. Gatot Subroto No. 77, Jakarta. Hal ini disebabkan karena pada tanggal 28 Juli 2021 saya telah membeli sebuah mesin cuci merek Samsung di toko tersebut, namun