Surat izin sekolah adalah surat resmi yang diberikan oleh orang tua atau wali murid kepada pihak sekolah sebagai permintaan izin untuk anaknya tidak hadir ke sekolah dalam jangka waktu tertentu. Surat ini biasanya diperlukan apabila siswa harus absen dari sekolah karena alasan yang sah seperti sakit, perjalanan keluar kota, atau kegiatan keluarga yang mendesak.

Format Surat Izin Sekolah

Untuk membuat surat izin sekolah, berikut adalah format yang harus Anda ikuti:

  1. Tuliskan nama sekolah di bagian atas kertas surat.
  2. Tuliskan alamat lengkap sekolah di bawah nama sekolah.
  3. Di sebelah kanan atas, tuliskan nomor telepon sekolah.
  4. Di sisi kiri atas, tuliskan tanggal dan bulan saat surat ditulis.
  5. Di bawah tanggal, tuliskan nama kepala sekolah atau guru kelas.
  6. Kemudian, tuliskan nama murid yang akan absen beserta kelasnya.
  7. Selanjutnya, tuliskan alasan mengapa siswa tersebut meminta izin absen.
  8. Tuliskan tanggal dan durasi absen.
  9. Dalam penutup, terdapat tanda tangan orang tua atau wali murid.

Contoh Surat Izin Sekolah

Berikut adalah contoh-contoh surat izin sekolah:

Contoh 1:

Kepada Yth,

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Jakarta

Jl. Sudirman No. 1, Jakarta

Telp. (021) 1234567

Jakarta, 12 Agustus 2021

Dengan hormat,

Saya, Bapak/Ibu (nama orang tua/wali murid) memohon izin untuk anak saya (nama siswa) kelas VIII-5 untuk tidak hadir ke sekolah pada tanggal 16-20 Agustus 2021 dikarenakan akan melakukan perjalanan keluar kota bersama keluarga.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan orang tua/wali murid)

Contoh 2:

Kepada Yth,

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Surabaya

Jl. Diponegoro No. 2, Surabaya

Telp. (031) 1234567

Surabaya, 22 September 2021

Dengan hormat,

Saya, Bapak/Ibu (nama orang tua/wali murid) memohon izin untuk anak saya (nama siswa) kelas XI-3 untuk tidak hadir ke sekolah pada tanggal 25-26 September 2021 dikarenakan sakit.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan orang tua/wali murid)

Contoh 3:

Kepada Yth,

Kepala Sekolah SDN 1 Bandung

Jl. Merdeka No. 3, Bandung

Telp. (022) 1234567

Bandung, 19 Oktober 2021

Dengan hormat,

Saya, Bapak/Ibu (nama orang tua/wali murid) memohon izin untuk anak saya (nama siswa) kelas V-A untuk tidak hadir ke sekolah pada tanggal 22-24 Oktober 2021 dikarenakan akan mengikuti kegiatan keluarga yang mendesak.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan orang tua/wali murid)

Contoh 4:

Kepada Yth,

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Medan

Jl. Ahmad Yani No. 4, Medan

Telp. (061) 1234567

Medan, 1 November 2021

Dengan hormat,

Saya, Bapak/Ibu (nama orang tua/wali murid) memohon izin untuk anak saya (nama siswa) kelas VII-2 untuk tidak hadir ke sekolah pada tanggal 5-7 November 2021 dikarenakan akan mengikuti kegiatan keagamaan di luar kota.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan orang tua/wali murid)

Kesimpulan

Surat izin sekolah adalah surat resmi yang harus disampaikan kepada pihak sekolah sebagai permintaan izin untuk anak tidak hadir ke sekolah dalam jangka waktu tertentu. Surat ini harus ditulis dengan format yang benar dan jelas, serta disertai alasan yang sah. Dalam membuat surat izin sekolah, orang tua atau wali murid harus memastikan bahwa surat tersebut disampaikan sebelum jangka waktu absen dimulai, dan juga menandatanganinya sebagai pengakuan resmi atas permintaan izin tersebut.