Surat Inquiry Letter merupakan jenis surat yang digunakan untuk meminta informasi atau klarifikasi mengenai suatu hal tertentu. Jenis surat ini biasanya digunakan dalam lingkup bisnis, seperti ketika ingin menanyakan harga produk, kerjasama bisnis, atau proses pengerjaan suatu proyek.

Format Surat Inquiry Letter

Berikut adalah format umum yang dapat digunakan dalam penulisan surat Inquiry Letter:

[Nama Pengirim]

[Alamat Pengirim]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal Pengiriman]

[Nama Penerima]

[Perusahaan Penerima]

[Alamat Penerima]

[Kota, Kode Pos]

[Subjek Surat]

[Isi Surat]

[Tanda Tangan Pengirim]

Contoh Surat Inquiry Letter

Berikut adalah beberapa contoh surat Inquiry Letter yang dapat digunakan sebagai referensi:

Contoh 1: Meminta Informasi Harga Produk

[Nama Pengirim]

[Alamat Pengirim]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal Pengiriman]

[Nama Penerima]

[Perusahaan Penerima]

[Alamat Penerima]

[Kota, Kode Pos]

[Subjek Surat: Permintaan Informasi Harga Produk]

Kepada Yth. [Nama Penerima],

Saya ingin mengetahui informasi harga produk yang ditawarkan oleh perusahaan Bapak/Ibu. Berikut ini adalah daftar produk yang saya minati:

1. Produk A

2. Produk B

3. Produk C

Mohon informasi harga produk tersebut beserta spesifikasi yang terkait. Apabila terdapat diskon atau penawaran khusus lainnya, mohon informasinya.

Terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Pengirim]

[Nama Pengirim]

Contoh 2: Meminta Klarifikasi Kerjasama Bisnis

[Nama Pengirim]

[Alamat Pengirim]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal Pengiriman]

[Nama Penerima]

[Perusahaan Penerima]

[Alamat Penerima]

[Kota, Kode Pos]

[Subjek Surat: Permintaan Klarifikasi Kerjasama Bisnis]

Kepada Yth. [Nama Penerima],

Saya ingin meminta klarifikasi mengenai kerjasama bisnis yang telah dijalin antara perusahaan Bapak/Ibu dan perusahaan kami. Saya meminta Bapak/Ibu untuk memberikan informasi mengenai:

1. Jenis kerjasama yang telah disepakati

2. Rincian produk atau layanan yang ditawarkan

3. Prosedur dan jangka waktu kerjasama

4. Biaya atau fee yang terkait dengan kerjasama

Mohon informasi yang diberikan dapat memberikan kejelasan dan transparansi terkait kerjasama yang telah dilakukan.

Terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Pengirim]

[Nama Pengirim]

Contoh 3: Meminta Informasi Pengerjaan Proyek

[Nama Pengirim]

[Alamat Pengirim]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal Pengiriman]

[Nama Penerima]

[Perusahaan Penerima]

[Alamat Penerima]

[Kota, Kode Pos]

[Subjek Surat: Permintaan Informasi Pengerjaan Proyek]

Kepada Yth. [Nama Penerima],

Saya ingin mengetahui informasi terkait pengerjaan proyek yang telah dilaksanakan oleh perusahaan Bapak/Ibu. Berikut ini adalah beberapa informasi yang saya butuhkan:

1. Jenis proyek yang telah dilaksanakan

2. Rincian pekerjaan yang telah dilakukan

3. Waktu pelaksanaan proyek

4. Biaya atau fee yang terkait dengan proyek

Mohon informasi yang diberikan dapat memberikan gambaran yang jelas terkait pengerjaan proyek yang telah dilakukan.

Terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Pengirim]

[Nama Pengirim]

Contoh 4: Meminta Informasi Lowongan Kerja

[Nama Pengirim]

[Alamat Pengirim]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal Pengiriman]

[Nama Penerima]

[Perusahaan Penerima]

[Alamat Penerima]

[Kota, Kode Pos]

[Subjek Surat: Permintaan Informasi Lowongan Kerja]

Kepada Yth. [Nama Penerima],

Saya ingin mengetahui informasi terkait lowongan kerja yang tersedia di perusahaan Bapak/Ibu. Berikut ini adalah beberapa informasi yang saya butuhkan:

1. Jenis lowongan kerja yang tersedia

2. Kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan

3. Alamat dan kontak yang dapat dihubungi

4. Waktu dan prosedur pendaftaran

Mohon informasi yang diberikan dapat memberikan gambaran yang jelas terkait lowongan kerja yang tersedia di perusahaan Bapak/Ibu.

Terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Pengirim]

[Nama Pengirim]

Kesimpulan

Surat Inquiry Letter merupakan jenis surat yang digunakan untuk meminta informasi atau klarifikasi mengenai suatu hal tertentu dalam lingkup bisnis. Format surat Inquiry Letter umumnya terdiri dari nama pengirim, alamat, tanggal pengiriman, nama penerima, perusahaan penerima, alamat, subjek surat, isi surat, dan tanda tangan pengirim. Contoh-contoh surat Inquiry Letter di atas dapat digunakan sebagai referensi dalam penulisan surat Inquiry Letter.