Surat keterangan bekerja instansi pemerintah adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh instansi pemerintah untuk menyatakan bahwa seseorang bekerja di instansi tersebut. Dokumen ini dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti pengajuan kredit, pengajuan visa, dan sebagainya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian, format, dan contoh surat keterangan bekerja instansi pemerintah.
Pengertian Surat Keterangan Bekerja Instansi Pemerintah
Surat keterangan bekerja instansi pemerintah adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh instansi pemerintah untuk menyatakan bahwa seseorang bekerja di instansi tersebut. Dokumen ini berisi informasi mengenai nama, jabatan, dan lama bekerja seseorang di instansi pemerintah tersebut. Surat keterangan bekerja instansi pemerintah biasanya digunakan untuk keperluan administrasi dan pengajuan kredit.
Format Surat Keterangan Bekerja Instansi Pemerintah
Berikut adalah format surat keterangan bekerja instansi pemerintah:
[Nama Instansi]
[Alamat Instansi]
[Nomor Telepon Instansi]
[Kepada Yth:]
[Nama Penerima Surat]
[Alamat Penerima Surat]
[Kota, Tanggal]
Surat Keterangan Bekerja
Yang bertanda tangan di bawah ini:
[Nama Pejabat/Pembuat Surat]
[Jabatan Pejabat/Pembuat Surat]
[Instansi Pemerintah]
Dengan ini menyatakan bahwa:
[Nama Penerima Surat]
[Alamat Penerima Surat]
[Nomor Telepon Penerima Surat]
Telah bekerja di instansi kami dengan jabatan:
[Jabatan Penerima Surat]
Sejak tanggal:
[Tanggal Awal Bekerja]
Demikian surat keterangan bekerja ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.
[Nama Pejabat/Pembuat Surat]
[Jabatan Pejabat/Pembuat Surat]
Contoh Surat Keterangan Bekerja Instansi Pemerintah
Berikut adalah contoh surat keterangan bekerja instansi pemerintah:
Dinas Kesehatan Kota Surabaya
Jl. Indragiri No. 10, Surabaya
031-123456
Kepada Yth:
Bapak/Ibu Pendaftar Kredit
Bank BRI, Surabaya
Surabaya, 15 Februari 2022
Surat Keterangan Bekerja
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Dr. Siti Nurhaliza
Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya
Dinas Kesehatan Kota Surabaya
Dengan ini menyatakan bahwa:
Budi Santoso
Jl. Raya Sidoarjo No. 15, Sidoarjo
081234567890
Telah bekerja di Dinas Kesehatan Kota Surabaya dengan jabatan:
Staf Administrasi
Sejak tanggal:
1 Maret 2020
Demikian surat keterangan bekerja ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Dr. Siti Nurhaliza
Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya
Contoh lainnya:
Dinas Pendidikan Kota Bandung
Jl. Dipatiukur No. 7, Bandung
022-987654
Kepada Yth:
Bapak/Ibu Pendaftar Kredit
Bank Mandiri, Bandung
Bandung, 15 Februari 2022
Surat Keterangan Bekerja
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Dr. Asep Saepuloh
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung
Dinas Pendidikan Kota Bandung
Dengan ini menyatakan bahwa:
Indah Sari
Jl. Rancamanyar No. 25, Bandung
081234567890
Telah bekerja di Dinas Pendidikan Kota Bandung dengan jabatan:
Guru Matematika
Sejak tanggal:
1 Januari 2019
Demikian surat keterangan bekerja ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Dr. Asep Saepuloh
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung
Kesimpulan
Surat keterangan bekerja instansi pemerintah adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh instansi pemerintah untuk menyatakan bahwa seseorang bekerja di instansi tersebut. Format surat keterangan bekerja instansi pemerintah terdiri dari header instansi, header penerima surat, isi surat, dan tanda tangan pejabat/pembuat surat. Surat keterangan bekerja instansi pemerintah dibutuhkan untuk berbagai keperluan administrasi dan pengajuan kredit.