Surat Kiriman Rasmi Aduan atau yang biasa disebut dengan SKRA merupakan surat resmi yang digunakan untuk mengajukan keluhan atau aduan terhadap suatu permasalahan yang berkaitan dengan pelayanan publik atau kepentingan masyarakat. Surat ini berfungsi sebagai sarana yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan harapan terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh instansi pemerintah.

Format Surat Kiriman Rasmi Aduan

Agar surat aduan yang dikirimkan dapat diterima dan diproses dengan baik oleh instansi yang dituju, maka surat SKRA harus memenuhi beberapa format penulisan yang benar. Berikut ini adalah format penulisan surat SKRA yang benar:

  1. Header Surat
    • Nama lengkap pengirim
    • Alamat lengkap pengirim
    • Nomor telepon/HP pengirim
  2. Tanggal penulisan surat
  3. Alamat instansi yang dituju
    • Nama instansi
    • Alamat instansi
    • Nomor telepon/HP instansi
  4. Perihal surat
  5. Isi surat
    • Pengantar
    • Uraian aduan
    • Bukti pendukung aduan
    • Permintaan tindakan
  6. Pengakhiran surat
    • Tanda tangan pengirim
    • Nama lengkap pengirim

Contoh Surat Kiriman Rasmi Aduan

Berikut ini adalah beberapa contoh surat SKRA yang dapat digunakan sebagai referensi dalam penulisan surat aduan:

Contoh 1

Kepada Yth,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya
Jl. Pahlawan No.1, Surabaya
Telp. (031) 1234567

Surabaya, 12 Januari 2022

Perihal: Aduan Terkait Pelayanan Sekolah

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budi Setiawan
Alamat: Jalan Raya Kebon Jeruk No. 12, Surabaya
Nomor Telepon: 081234567890

Menyampaikan aduan terkait pelayanan sekolah di SDN Kebon Jeruk. Pada hari Senin, 10 Januari 2022, saya datang ke sekolah untuk mengambil rapor anak saya. Namun, saya sangat kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak sekolah. Guru yang bertugas pada saat itu sangat tidak ramah dan bersikap cuek terhadap saya sebagai orang tua murid.

Bukti pendukung aduan saya adalah surat pernyataan dari 3 orang saksi yang melihat kejadian tersebut. Oleh karena itu, saya meminta agar pihak Dinas Pendidikan Kota Surabaya dapat menindaklanjuti aduan ini dan memberikan tindakan yang sesuai terhadap pihak sekolah yang bersangkutan.

Demikian aduan yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian dan tindakan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Budi Setiawan

Contoh 2

Kepada Yth,
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung
Jl. Dalem Kaum No.1, Bandung
Telp. (022) 1234567

Bandung, 20 Februari 2022

Perihal: Aduan Terkait Pelayanan Rumah Sakit

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ani Susanti
Alamat: Jl. Cihampelas No.10, Bandung
Nomor Telepon: 081234567890

Menyampaikan aduan terkait pelayanan rumah sakit di RS Panti Rapih. Saya merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit pada saat saya melakukan pengobatan di sana. Pelayanan yang diberikan sangat lambat dan tidak memuaskan, terutama pada pemeriksaan laboratorium yang harus menunggu berjam-jam.

Bukti pendukung aduan saya adalah bukti resep dan hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjukkan waktu yang sangat lama dalam pelayanan tersebut. Oleh karena itu, saya meminta agar pihak Dinas Kesehatan Kota Bandung dapat menindaklanjuti aduan ini dan memberikan tindakan yang sesuai terhadap pihak rumah sakit yang bersangkutan.

Demikian aduan yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian dan tindakan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ani Susanti

Kesimpulan

Surat Kiriman Rasmi Aduan atau SKRA merupakan sarana yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aduan terhadap pelayanan publik atau kepentingan masyarakat. Agar surat aduan dapat diterima dan diproses dengan baik oleh instansi yang dituju, maka surat SKRA harus memenuhi beberapa format penulisan yang benar. Dalam penulisan surat SKRA, juga harus disertakan bukti pendukung aduan yang dapat memperkuat alasan aduan yang diajukan. Dengan begitu, diharapkan aduan yang disampaikan dapat diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh instansi yang dituju.