Ketika melakukan pembelian barang, tentunya kita mengharapkan barang yang kita beli sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan deskripsi yang tertera pada kemasan atau situs penjualan online. Namun, terkadang ada saja kesalahan atau ketidaksesuaian pada barang yang kita terima. Jika hal ini terjadi, maka kita bisa mengajukan surat komplain barang tidak sesuai kepada penjual atau produsen.

Pengertian Surat Komplain Barang Tidak Sesuai

Surat komplain barang tidak sesuai adalah surat yang dibuat oleh pembeli atau konsumen untuk mengeluhkan ketidaksesuaian barang yang telah dibeli dengan deskripsi atau spesifikasi yang diinginkan. Surat ini biasanya dikirimkan kepada penjual atau produsen untuk meminta penyelesaian masalah atau penggantian barang yang tidak sesuai.

Format Surat Komplain Barang Tidak Sesuai

Berikut adalah format yang dapat digunakan saat membuat surat komplain barang tidak sesuai:

[Nama Pembeli]

[Alamat Pembeli]

[Nomor Telepon Pembeli]

[Nama Penjual/Produsen]

[Alamat Penjual/Produsen]

[Kota], [Tanggal]

Hal: Komplain Barang Tidak Sesuai

Kepada Yth. [Nama Penjual/Produsen],

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Pembeli]

Alamat: [Alamat Pembeli]

Nomor Telepon: [Nomor Telepon Pembeli]

Mengeluhkan adanya ketidaksesuaian pada barang yang telah saya beli dari [Nama Toko/Website]. Barang yang saya terima tidak sesuai dengan deskripsi atau spesifikasi yang tertera pada kemasan atau situs penjualan online.

Saya meminta agar [Nama Toko/Website] dapat memberikan solusi atas masalah ini, seperti penggantian barang atau pengembalian uang. Saya telah melampirkan bukti pembelian dan foto barang yang saya terima sebagai bukti atas ketidaksesuaian barang.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

[Nama Pembeli]

Contoh Surat Komplain Barang Tidak Sesuai

Berikut adalah contoh surat komplain barang tidak sesuai yang dapat dijadikan referensi:

Contoh 1:

Nurul Hidayah

Jl. Kenanga No. 15

Surabaya

082189xxxxxx

Toko Baju Anak Ceria

Jl. Gajah Mada No. 25

Surabaya

Surabaya, 15 Agustus 2021

Hal: Komplain Barang Tidak Sesuai

Kepada Yth. Toko Baju Anak Ceria,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Nurul Hidayah

Alamat: Jl. Kenanga No. 15

Nomor Telepon: 082189xxxxxx

Mengeluhkan adanya ketidaksesuaian pada barang yang telah saya beli dari Toko Baju Anak Ceria. Saya telah membeli sebuah baju anak dengan ukuran 4 tahun dan warna merah muda. Namun, yang saya terima adalah baju dengan ukuran 2 tahun dan warna ungu.

Saya meminta Toko Baju Anak Ceria dapat memberikan solusi atas masalah ini, seperti penggantian barang atau pengembalian uang. Saya telah melampirkan bukti pembelian dan foto barang yang saya terima sebagai bukti atas ketidaksesuaian barang.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

Nurul Hidayah

Contoh 2:

Siti Nurbaya

Jl. Pahlawan No. 20

Bandung

081234xxxxxx

PT. Elektronik Jaya

Jl. Asia Afrika No. 10

Bandung

Bandung, 20 September 2021

Hal: Komplain Barang Tidak Sesuai

Kepada Yth. PT. Elektronik Jaya,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Siti Nurbaya

Alamat: Jl. Pahlawan No. 20

Nomor Telepon: 081234xxxxxx

Mengeluhkan adanya ketidaksesuaian pada barang yang telah saya beli dari PT. Elektronik Jaya. Saya telah membeli sebuah televisi merek Sony dengan ukuran 40 inci dan resolusi Full HD. Namun, yang saya terima adalah televisi merek Samsung dengan ukuran 32 inci dan resolusi HD Ready.

Saya meminta PT. Elektronik Jaya dapat memberikan solusi atas masalah ini, seperti penggantian barang atau pengembalian uang. Saya telah melampirkan bukti pembelian dan foto barang yang saya terima sebagai bukti atas ketidaksesuaian barang.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

Siti Nurbaya

Contoh 3:

Budi Santoso

Jl. Kebon Jeruk No. 5

Jakarta

085678xxxxxx

Toko Sepatu Indah

Jl. Sudirman No. 10

Jakarta

Jakarta, 5 Oktober 2021

Hal: Komplain Barang Tidak Sesuai

Kepada Yth. Toko Sepatu Indah,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Budi Santoso

Alamat: Jl. Kebon Jeruk No. 5

Nomor Telepon: 085678xxxxxx

Mengeluhkan adanya ketidaksesuaian pada barang yang telah saya beli dari Toko Sepatu Indah. Saya telah membeli sebuah sepatu olahraga merek Nike dengan ukuran 42 dan warna hitam. Namun, yang saya terima adalah sepatu merek Adidas dengan ukuran 40 dan warna biru.

Saya meminta Toko Sepatu Indah dapat memberikan solusi atas masalah ini, seperti penggantian barang atau pengembalian uang. Saya telah melampirkan bukti pembelian dan foto barang yang saya terima sebagai bukti atas ketidaksesuaian barang.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat saya,

Budi Santoso

Contoh 4:

Maya Sari

Jl. Diponegoro No. 30

Yogyakarta

087654xxxxxx

PT. Maju Jaya

Jl. Solo No. 5

Yogyakarta

Yogyakarta, 25 November 2021

Hal: Komplain Barang Tidak Sesuai

Kepada Yth. PT. Maju Jaya,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Maya Sari

Alamat: Jl. Diponegoro No. 30

Nomor Telepon: 087654xxxxxx

Mengeluhkan adanya