Surat komplain adalah surat yang ditujukan untuk mengeluhkan atau mengadukan suatu masalah yang terjadi pada suatu produk atau jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi. Surat komplain bisa dikirimkan oleh pelanggan yang merasa tidak puas dengan layanan atau produk yang diberikan. Selain itu, surat komplain juga bisa dikirimkan oleh konsumen yang merasa ada ketidakpuasan terhadap pelayanan atau produk yang diberikan oleh sebuah perusahaan.
Format Surat Komplain
Surat komplain harus ditulis dengan format yang baik dan benar. Berikut ini adalah format surat komplain yang benar:
- Tanggal penulisan surat
- Nama dan alamat perusahaan atau instansi yang dituju
- Nama dan alamat pengirim surat
- Subjek atau judul surat
- Isi surat
- Tanda tangan pengirim surat
- Lampiran (jika ada)
Setelah mengetahui format surat komplain yang benar, berikut adalah contoh surat komplain yang bisa digunakan sebagai referensi.
Contoh Surat Komplain
Berikut adalah contoh surat komplain yang bisa digunakan sebagai referensi:
Contoh 1
Jakarta, 1 Juni 2021
PT. ABC
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta Selatan
Kepada Yth,
Bagian Pengaduan Konsumen
PT. ABC
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta Selatan
Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Andi
Alamat : Jl. Thamrin No. 456
No. Telp : 08123456789
Dalam hal ini, saya ingin mengajukan keluhan mengenai produk yang telah saya beli pada tanggal 1 Mei 2021. Produk yang saya beli adalah sepatu olahraga merk ABC dengan nomor seri 1234. Namun setelah saya pakai selama 2 minggu, ternyata sepatu tersebut cepat rusak dan solnya lepas.
Oleh karena itu, saya meminta kepada pihak PT. ABC untuk menyelesaikan masalah ini dengan segera. Saya berharap agar perusahaan dapat memberikan solusi yang terbaik agar saya sebagai konsumen merasa puas.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Hormat saya,
Andi
Contoh 2
Jakarta, 1 Juni 2021
PT. DEF
Jl. Thamrin No. 456
Jakarta Selatan
Kepada Yth,
Bagian Pengaduan Konsumen
PT. DEF
Jl. Thamrin No. 456
Jakarta Selatan
Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Budi
Alamat : Jl. Sudirman No. 123
No. Telp : 08123456789
Dalam hal ini, saya ingin mengajukan keluhan mengenai pelayanan yang diberikan oleh PT. DEF. Pada tanggal 25 Mei 2021, saya menghubungi customer service PT. DEF untuk menanyakan informasi mengenai produk yang ingin saya beli. Namun sayangnya, pihak customer service tidak memberikan informasi yang jelas dan membingungkan.
Oleh karena itu, saya meminta kepada pihak PT. DEF untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar konsumen merasa nyaman dan puas.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Hormat saya,
Budi
Contoh 3
Jakarta, 1 Juni 2021
PT. GHI
Jl. Thamrin No. 456
Jakarta Selatan
Kepada Yth,
Bagian Pengaduan Konsumen
PT. GHI
Jl. Thamrin No. 456
Jakarta Selatan
Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Cici
Alamat : Jl. Sudirman No. 123
No. Telp : 08123456789
Dalam hal ini, saya ingin mengajukan keluhan mengenai produk yang telah saya beli pada tanggal 1 Mei 2021. Produk yang saya beli adalah laptop merk GHI dengan nomor seri 5678. Namun setelah saya pakai selama 1 minggu, ternyata laptop tersebut mengalami masalah pada bagian layar dan tidak bisa digunakan.
Oleh karena itu, saya meminta kepada pihak PT. GHI untuk segera menyelesaikan masalah ini dengan baik. Saya berharap agar perusahaan dapat memberikan solusi yang terbaik agar saya sebagai konsumen merasa puas.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Hormat saya,
Cici
Contoh 4
Jakarta, 1 Juni 2021
PT. JKL
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta Selatan
Kepada Yth,
Bagian Pengaduan Konsumen
PT. JKL
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta Selatan
Dalam hal ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Deni
Alamat : Jl. Thamrin No. 456
No. Telp : 08123456789
Dalam hal ini, saya ingin mengajukan keluhan mengenai produk yang telah saya beli pada tanggal 1 Mei 2021. Produk yang saya beli adalah televisi merk JKL dengan nomor seri 9012. Namun setelah saya pakai selama 1 minggu, ternyata televisi tersebut mengalami masalah pada bagian suara dan tidak bisa digunakan.
Oleh karena itu, saya meminta kepada pihak PT. JKL untuk segera menyelesaikan masalah ini dengan baik. Saya berharap agar perusahaan dapat memberikan solusi yang terbaik agar saya sebagai konsumen merasa puas.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Hormat saya,
Deni
Kesimpulan
Surat komplain adalah surat yang digunakan untuk mengeluhkan atau mengadukan suatu masalah yang terjadi pada produk atau jasa yang diberikan oleh suatu perusahaan atau instansi. Surat komplain harus ditulis dengan format yang baik dan benar agar dapat diproses oleh pihak perusahaan. Contoh surat komplain juga bisa digunakan sebagai referensi untuk menulis surat komplain yang baik dan benar.