Surat pengangkatan satpam merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi yang mempekerjakan satpam. Surat ini berisi informasi mengenai identitas satpam dan tugas-tugas yang harus dilakukan selama bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Surat pengangkatan satpam juga menjadi bukti legal bagi satpam sebagai karyawan dalam perusahaan atau instansi tersebut.
Pengertian Surat Pengangkatan Satpam
Surat pengangkatan satpam merupakan dokumen resmi yang berisi informasi mengenai identitas satpam, tugas-tugas yang harus dilakukan selama bekerja, gaji yang akan diterima, dan masa kontrak kerja. Surat ini juga memuat informasi mengenai sanksi yang akan diberikan apabila satpam melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau instansi.
Format Surat Pengangkatan Satpam
Format surat pengangkatan satpam terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
- Tanggal pembuatan surat
- Perusahaan atau instansi yang menerbitkan surat
- Nama dan identitas lengkap satpam
- Tugas-tugas yang harus dilakukan oleh satpam
- Gaji yang akan diterima oleh satpam
- Masa kontrak kerja satpam
- Sanksi yang akan diberikan apabila satpam melanggar aturan perusahaan atau instansi
- Tanda tangan pimpinan perusahaan atau instansi
Contoh Surat Pengangkatan Satpam
Berikut adalah contoh surat pengangkatan satpam:
Contoh 1
PT. ABC
Jl. Sudirman No. 123
Jakarta Pusat
Surat Pengangkatan Satpam
Yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT. ABC, memberitahukan dengan ini bahwa:
Nama: Budi Santoso
Alamat: Jl. Kebon Jeruk No. 456
Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 1 Januari 1990
Agama: Islam
Pendidikan terakhir: SMA
Telah diangkat sebagai satpam di PT. ABC dengan tugas sebagai berikut:
- Menjaga keamanan dan ketertiban di area perusahaan
- Melakukan patroli rutin di sekitar area perusahaan
- Melaporkan kejadian yang mencurigakan kepada pimpinan perusahaan
Satpam tersebut akan menerima gaji sebesar Rp 3.000.000,- per bulan dan masa kontrak kerja selama 1 tahun. Apabila satpam tersebut melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh PT. ABC, maka akan dikenakan sanksi berupa pemecatan tanpa hak atas pesangon.
Demikian surat pengangkatan satpam ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta, 1 Januari 2022
Direktur PT. ABC
Contoh 2
PT. XYZ
Jl. Gatot Subroto No. 456
Surabaya
Surat Pengangkatan Satpam
Yang bertanda tangan di bawah ini, Pimpinan PT. XYZ, memberitahukan dengan ini bahwa:
Nama: Siti Rahayu
Alamat: Jl. Diponegoro No. 789
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 5 Mei 1995
Agama: Islam
Pendidikan terakhir: D3
Telah diangkat sebagai satpam di PT. XYZ dengan tugas sebagai berikut:
- Menjaga keamanan dan ketertiban di area perusahaan
- Melakukan patroli rutin di sekitar area perusahaan
- Melaporkan kejadian yang mencurigakan kepada pimpinan perusahaan
Satpam tersebut akan menerima gaji sebesar Rp 3.500.000,- per bulan dan masa kontrak kerja selama 2 tahun. Apabila satpam tersebut melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh PT. XYZ, maka akan dikenakan sanksi berupa teguran tertulis dan pemotongan gaji.
Demikian surat pengangkatan satpam ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Surabaya, 5 Mei 2022
Pimpinan PT. XYZ
Kesimpulan
Surat pengangkatan satpam merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi yang mempekerjakan satpam. Surat ini berisi informasi mengenai identitas satpam dan tugas-tugas yang harus dilakukan selama bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Format surat pengangkatan satpam terdiri dari beberapa bagian, seperti tanggal pembuatan surat, perusahaan atau instansi yang menerbitkan surat, nama dan identitas lengkap satpam, tugas-tugas yang harus dilakukan oleh satpam, gaji yang akan diterima oleh satpam, masa kontrak kerja satpam, sanksi yang akan diberikan apabila satpam melanggar aturan perusahaan atau instansi, dan tanda tangan pimpinan perusahaan atau instansi. Contoh surat pengangkatan satpam dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau instansi.