Pengertian Surat Pengesahan Accident Masa Kerja

Surat pengesahan accident masa kerja adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengkonfirmasi bahwa seorang karyawan mengalami kecelakaan saat bekerja di tempat kerja. Surat ini juga menegaskan bahwa kecelakaan tersebut terjadi selama jam kerja dan memperlihatkan bahwa perusahaan bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan pemulihan karyawan tersebut.

Format Surat Pengesahan Accident Masa Kerja

Format surat pengesahan accident masa kerja terdiri dari beberapa bagian yaitu: Header: Bagian ini berisi nama dan logo perusahaan serta alamat dan nomor telepon. Tanggal: Tanggal di mana surat ini dikeluarkan. Perincian Kecelakaan: Bagian ini berisi detail tentang kecelakaan yang dialami oleh karyawan. Informasi yang harus disertakan di sini meliputi nama karyawan, tanggal dan waktu kecelakaan terjadi, lokasi kecelakaan, dan jenis kecelakaan yang terjadi. Konfirmasi Kondisi Karyawan: Bagian ini menyatakan kondisi karyawan saat ini, apakah ia masih dirawat di rumah sakit atau sudah pulang dan menjalani perawatan di rumah. Konfirmasi Tanggung Jawab Perusahaan: Bagian ini menyatakan bahwa perusahaan bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan pemulihan karyawan tersebut. Tanda Tangan dan Cap Perusahaan: Bagian ini berisi tanda tangan dan cap perusahaan sebagai tanda bahwa surat ini dikeluarkan oleh perusahaan.

Contoh Surat Pengesahan Accident Masa Kerja

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengesahan accident masa kerja: Contoh 1

PT. XYZ
Jl. Raya Jakarta No. 123
Telp. (021) 12345678

Surabaya, 1 Januari 2022

Kepada Yth. Tim Medis Rumah Sakit ABC
Jl. Raya Surabaya No. 456
Surabaya

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari PT. XYZ dengan ini mengkonfirmasi bahwa karyawan kami, Bapak Ahmad, mengalami kecelakaan saat bekerja di gudang perusahaan pada tanggal 1 Januari 2022 pukul 10.00 pagi. Kecelakaan tersebut terjadi akibat terjatuh dari tangga saat sedang mengambil barang di rak gudang.

Saat ini, Bapak Ahmad masih dirawat di Rumah Sakit ABC dan kondisinya masih belum stabil. Kami, PT. XYZ, bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan pemulihan Bapak Ahmad.

Demikian surat pengesahan accident masa kerja ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. XYZ
Ttd. Direktur Utama
(Cap Perusahaan)

Contoh 2

PT. ABC
Jl. Raya Bandung No. 789
Telp. (022) 12345678

Bandung, 1 Februari 2022

Kepada Yth. Tim Medis RSUD Kota Bandung
Jl. Diponegoro No. 10
Bandung

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari PT. ABC dengan ini mengkonfirmasi bahwa karyawan kami, Ibu Siti, mengalami kecelakaan saat bekerja di lini produksi perusahaan pada tanggal 1 Februari 2022 pukul 08.00 pagi. Kecelakaan tersebut terjadi akibat terjepit mesin saat sedang membersihkan mesin produksi.

Saat ini, Ibu Siti masih dirawat di RSUD Kota Bandung dan kondisinya masih dalam perawatan intensif. Kami, PT. ABC, bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan pemulihan Ibu Siti.

Demikian surat pengesahan accident masa kerja ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. ABC
Ttd. Direktur Utama
(Cap Perusahaan)

Contoh 3

PT. EFG
Jl. Raya Medan No. 101
Telp. (061) 12345678

Medan, 1 Maret 2022

Kepada Yth. Tim Medis Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Pirngadi
Jl. Dr. Mansyur No. 57
Medan

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari PT. EFG dengan ini mengkonfirmasi bahwa karyawan kami, Bapak Joko, mengalami kecelakaan saat bekerja di proyek konstruksi perusahaan pada tanggal 1 Maret 2022 pukul 14.00 siang. Kecelakaan tersebut terjadi akibat terjatuh dari ketinggian saat sedang melakukan pekerjaan di atas atap bangunan.

Saat ini, Bapak Joko masih dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Pirngadi dan kondisinya masih dalam perawatan intensif. Kami, PT. EFG, bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan pemulihan Bapak Joko.

Demikian surat pengesahan accident masa kerja ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. EFG
Ttd. Direktur Utama
(Cap Perusahaan)

Contoh 4

PT. GHI
Jl. Raya Surakarta No. 321
Telp. (0271) 12345678

Surakarta, 1 April 2022

Kepada Yth. Tim Medis RSUD Dr. Moewardi
Jl. Kolonel Sutarto No. 132
Surakarta

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari PT. GHI dengan ini mengkonfirmasi bahwa karyawan kami, Ibu Susi, mengalami kecelakaan saat bekerja di kantor perusahaan pada tanggal 1 April 2022 pukul 11.00 siang. Kecelakaan tersebut terjadi akibat tersandung kabel yang terletak di bawah meja kerja.

Saat ini, Ibu Susi masih dirawat di RSUD Dr. Moewardi dan kondisinya sudah stabil. Kami, PT. GHI, bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan pemulihan Ibu Susi.

Demikian surat pengesahan accident masa kerja ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. GHI
Ttd. Direktur Utama
(Cap Perusahaan)

Kesimpulan

Surat pengesahan accident masa kerja adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengkonfirmasi bahwa seorang karyawan mengalami kecelakaan saat bekerja di tempat kerja. Surat ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa perusahaan bertanggung jawab atas kecelakaan yang dialami oleh karyawan selama jam kerja. Format surat ini terdiri dari beberapa bagian seperti header, tanggal, perincian kecelakaan, konfirmasi kondisi karyawan, konfirmasi tanggung jawab perusahaan, dan tanda tangan serta cap perusahaan. Dalam membuat surat pengesahan accident masa kerja, perlu diingat untuk menyertakan detail yang lengkap dan jelas tentang kecelakaan yang dialami oleh karyawan serta menegaskan bahwa perusahaan bertanggung jawab atas biaya pengobatan dan pemulihan karyawan tersebut.