Pengertian Surat Perpindahan Kerja

Surat perpindahan kerja adalah surat resmi yang digunakan untuk memberitahukan perpindahan kerja seseorang dari satu perusahaan ke perusahaan lain atau dari satu divisi ke divisi lain dalam sebuah perusahaan. Surat ini biasanya ditujukan kepada atasan langsung dan harus disiapkan dengan baik agar dapat memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang perpindahan kerja yang dilakukan.

Format Surat Perpindahan Kerja

Format surat perpindahan kerja sebaiknya mengikuti standar format surat resmi yang mencakup bagian-bagian berikut: 1. Kepada: Bagian ini berisi nama dan jabatan atasan yang akan menerima surat perpindahan kerja. 2. Dari: Bagian ini berisi nama dan jabatan karyawan yang melakukan perpindahan kerja. 3. Tanggal: Bagian ini berisi tanggal dibuatnya surat. 4. Perihal: Bagian ini berisi judul atau perihal dari surat yang ditulis. 5. Isi Surat: Bagian ini berisi penjelasan secara singkat tentang alasan perpindahan kerja, posisi baru yang akan diisi, dan informasi lain yang relevan terkait perpindahan kerja tersebut. 6. Penutup: Bagian ini berisi ucapan terima kasih dan permohonan maaf atas segala ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat perpindahan kerja tersebut. 7. Tanda Tangan: Bagian ini berisi tanda tangan karyawan yang melakukan perpindahan kerja.

Contoh Surat Perpindahan Kerja

Berikut adalah contoh surat perpindahan kerja yang dapat dijadikan referensi: Contoh 1:

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Direktur PT. ABCD

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan permohonan saya untuk melakukan perpindahan kerja ke divisi Marketing PT. ABCD, melalui surat ini saya ingin memberitahukan bahwa permohonan tersebut telah disetujui oleh pihak divisi terkait.

Sebagai informasi, alasan saya melakukan perpindahan kerja ini adalah untuk mengembangkan karir saya di bidang marketing dan menambah pengalaman kerja di perusahaan ini.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Karyawan]

Contoh 2:

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD PT. XYZ

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [Nama Karyawan], dengan ini mengajukan permohonan perpindahan kerja dari divisi Produksi ke divisi Logistik PT. XYZ.

Permohonan ini saya ajukan karena saya ingin menambah pengalaman di bidang logistik dan yakin bahwa perusahaan ini dapat memberikan kesempatan yang baik bagi saya untuk berkembang di bidang tersebut.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Karyawan]

Contoh 3:

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD PT. LMN

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [Nama Karyawan], ingin memberitahukan bahwa saya telah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain dan akan mulai bekerja di sana pada tanggal 1 Januari 2022.

Sebagai informasi, saya telah bekerja di PT. LMN selama 3 tahun dan merasa terhormat dapat bekerja di sini. Saya akan melakukan segala upaya untuk menyelesaikan pekerjaan saya dengan baik hingga akhir kontrak kerja saya.

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan selama ini.

Hormat saya,

[Nama Karyawan]

Contoh 4:

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Direktur PT. PQR

Di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup keluarga saya, saya memutuskan untuk pindah ke kota Yogyakarta. Oleh karena itu, melalui surat ini saya ingin mengajukan permohonan perpindahan kerja ke cabang PT. PQR di Yogyakarta.

Saya berharap permohonan saya dapat dipertimbangkan dan saya siap untuk melakukan segala persiapan yang diperlukan guna menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Nama Karyawan]

Kesimpulan

Surat perpindahan kerja merupakan surat resmi yang digunakan untuk memberitahukan perpindahan kerja seseorang. Format surat perpindahan kerja sebaiknya mengikuti standar format surat resmi yang mencakup bagian kepala surat, isi surat, dan penutup. Contoh surat perpindahan kerja dapat dijadikan referensi dalam menyusun surat yang baik dan benar.